SEKTOR HULU MIGAS BANTU EVAKUASI AIRASIA

SEKTOR HULU MIGAS  BANTU EVAKUASI AIRASIA

Kepedulian terhadap lingkungan di sekitar wilayah operasi tidak hanya ditunjukkan sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) dalam bentuk kegiatan tanggung jawab sosial. Bantuan untuk korban bencana juga diberikan oleh perusahaan yang bergerak di sektor strategis ini, salah satunya saat pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 jatuh di perairan Selat Karimata. Empat kontraktor kontrak kerja sama (kontraktor KKS), yakni CNOOC SES Ltd, ConocoPhillips, dan PHE ONWJ sepakat memberikan bantuan untuk mendukung proses evakuasi di bawah komando Badan SAR Nasional (Basarnas).

Kontribusi diberikan kontraktor KKS dalam bentuk suplai bahan bakar bagi kapal-kapal pencari yang berada di bawah kendali operasi Basarnas. PHE ONWJ menyumbangkan High Speed

Diesel(HSD) sebanyak 500 ribu liter yang disalurkan bertahap sesuai kebutuhan di lapangan dengan delivery point di Depot Pertamina Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. ConocoPhillips memberikan 2,34 juta liter HSD yang diangkut menggunakan Self Propelled Oil Barge (SPOB) Pertama Glory. Dukungan tersebut memungkinkan kapal-kapal evakuasi tetap berada di lokasi selama proses pencarian dan tidak perlu kembali ke pelabuhan untuk mengisi ulang bahan bakar. Sementara CNOOC SES Ltd mengirimkan Anchor Handling Tug Supply (AHTS) Crest Onyx lengkap dengan bahan bakar minyak untuk operasi serta peralatan selam dan salvage underwater.

SKK Migas sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan kontraktor KKS selama proses evakuasi korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501. Sebagai bentuk apresiasi, Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi, memberikan cendera mata kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses evakuasi. Acara pemberian apresiasi tersebut dilakukan pada 29 Januari 2015 di dek kapal Crest Onyx saat merapat di dermaga CNOOC SES Ltd di Kalijapat, Jakarta Utara. Turut hadir dalam acara ini Sekretaris SKK Migas, Gde Pradnyana, Kepala Divisi Penunjang Operasi SKK Migas, Baris Sitorus, Kepala Bagian Humas SKK Migas, Rudianto Rimbono, serta perwakilan manajemen CNOOC SES Ltd.

Amien Sunaryadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ketiga kontraktor KKS yang berpartisipasi dalam pencarian korban AirAsia selama 23 hari dengan tetap memprioritaskan aspek Health, Safety, and Environment (HSE) sehingga seluruh proses dapat berjalan aman dan lancar.

Leave a comment